Cara Sehat dan Alami Menurunkan Berat Badan

Siapa yang resolusi turun berat badan di tahun kemaren ngga kecapai, hayooooo…? Siapa yang resolusi tahun ini masih sama, hayo jarinya diangkat?! Hehehehe.. Kalo udah ngomongin berat badan, khususnya buat cewe-cewe, memang ini masalah sensitip! Malah kadang lebih sensitif dari tespek, apalagi kalo yang ditanya lagi PMS, wah udah deh bubar jalan.. Ngajakin Perang Dunia Ketiga, hahaha.. Nah, buat kamu yang pengen jadi lebih langsing, yuk ikutan Novsa senam pagi kepoin cara sehat dan alami menurunkan berat badan.

Barusan Novsa nanya Mbah Dukun Google gimana cara nurunin berat badan sih jawabannya segambreng, dari yang masuk akal sampai ajaib. Masa iya sih ada yang bisa turun 10 kilogram dalam seminggu? Buset, itu ajaib banget. Kalo pun bisa, Novsa pikir kemungkinannya ada dua : kalo ga mahal, ya susah! Apalagi kalo pake acara pingsan gara-gara seminggu ngga makan. Jangan deh ya. Makanya Novsa mau kepoin yang sehat aja, pelan gapapa asalkan ngga sakit #ehiningomonginapaansih hahaha maapin Novsa suka gagal pokus. Yuk cus kita kuak satu per satu rahasia langsing sehat alami biar makin cantik mempesona.

Yummmm Good Food
Yummmm Good Food

1. Pola Makan

Makan adalah hal yang wajib dilakukan untuk kelangsungan hidup, jadi jangan sampe ngga makan gara-gara pengen kurus ya! Yang ada bukan kurus ntar, tapi penyakitan. Udah kurus penyakitan pula, kan gimana gitu yes? Jangan ya! Selain tujuannya buat nurunin berat badan, pola makan yang baik ini penting banget buat hidup yang lebih sehat. Setuju? Ada tiga hal yang perlu diperhatikan soal makanan ini, yaitu: jenis, jumlah, jam. Widih, udah kayak iklan diabetes ya, hehe.

Jenis

Makanan sekarang ini memang banyak yang ngga sehat, jadi pinter-pinternya kita yang milih ya gaes. Pilih makanan yang cukup lemak, rendah karbo, tinggi protein dan kaya serat. Banyak yang salah kaprah mikirnya karbohidrat adalah bahan utama yang diperlukan tubuh, tapi ternyata engga loh. Bahan utama tubuh ternyata protein. Jadi konsumsi makanan yang berprotein yang tinggi, bisa bikin kita kenyang lebih lama.

Sedangkan karbohidrat atau gula, cuma dikit yang bisa disimpen tubuh di hati dan otot. Nah, padahal nih nasi, mie, minuman dan makanan manis, itu semua isinya gula loh. Padahal denger-denger nih, manusia udah punya banyak hormon buat meningkatkan kadar gula dalam darah, misalnya kortisol, epinefrin, sama norepinefrin. Gula berlebihan yang ngga bisa kepake itu nanti numpuk di otot dan dikonversi jadi lemak oleh hati.

Nah, ada yang menarik nih dari hasil keponya Novsa. Ternyata tubuh kita perlu lemak loh, lebih banyak daripada karbohidrat. Lemak yang penting ini bentuknya Omega 3 dan 6 ya gaes. Selain buat sumber tenaga, lemak juga penting dalam proses pembentukan enzim-enzim, menjaga keseimbangan hormon, juga buat melarutkan vitamin. Tapi ya, tetep sih kalo kebanyakan ngga baik. Diukur ya gaes makannya, jangan kayak orang kesurupan. Terakhir, serat gunanya buat melancarkan proses pencernaan, biar zat-zat yang ngga penting di tubuh bisa dikeluarkan secara maksimal, ngga ngendon di tubuh.

Beberapa contoh makanan yang sehat nih : segala sayur-buah-kacang (lebih baik lagi yang organik), daging sapi (untuk lemak), ikan laut dan telur (protein).

Jumlah

Di tiap kemasan makanan yang kita beli, ada tuh keterangan dia mengandung apa aja dan berapa. Cuman, males banget ngga sih kalo sebelum makan mesti ngitung-ngitung dulu? Kalo Novsa mah, udah ngitungnya ntar salah, trus keburu pingsan karena laper, atau minimal keburu nafsu makannya ilang, hehe.

Kita bahas cara ngukur jumlahnya yang enak aja ya gaes. Pertama, makannya dikit-dikit aja. Jangan pesen porsi kuli. Tiga jam kemudian laper lagi? Ngga papa. Makan lagi donk. Makan 4 kali sehari tapi porsinya dikit-dikit lebih baik daripada makan 4 kali tapi porsi kuli (yaiyalah, hehe).

Yang kedua, jangan biasain stock makanan. Ini Novsa banget nih, suka nyetok makanan. Mumpung ke Mart-Mart parkir doank seribu, beli cemilannya sekalian borong donk. Belum lagi kalo ada diskon, wah udah deh bubar jalan. Emang dasar ya, emak-emak ngga mau rugi. Nah ternyata kebiasaan nyetok makanan ini bisa bikin kita comfort zone gaes, ngerasa aman aja ngemilnya nambah sebungkus lagi toh masih ada sisanya 3 bungkus di laci meja kantor. Walhasil jadi ngga bisa ngontrol jumlah cemilan yang kita makan. Beda kalau kita harus punya effort buat ngedapetin si cemilan itu. Misalnya, kudu jalan sekilo atau kudu lewatin halang rintang dulu demi sebungkus keripik lima ribuan. Novsa sih mending puasa kalo itu mah, hahahaha.

Jam

Ada dua jam makan penting yang kalo perlu kamu pasang di alarm henpon kamu : sarapan dan makan malam. Kadang orang suka skip beberapa waktu makan demi jadi kurus. Tapi ternyata malah bikin ngemilnya jadi kebanyakan karena lapar. Ngga jadi kurus-an donk. Jadi jangan lupa sarapan gaes! Idealnya sarapan kan pagi ya, trus idealnya juga pagi itu adalah saat kita mulai beraktivitas. Nah, inilah kenapa sarapan itu penting, biar kita punya tenaga buat aktivitas seharian. Sarapannya jangan kesiangan ya gaes, ntar keburu pingsan di kantor loh.

Siapa yang suka skip makan malam hayooo? Sebenernya ngga perlu di skip gaes, yang perlu diperhatikan cuma jamnya aja. Makan malam yang bagus adalah jam 4 sore sampai jam 6 maghrib. Iye, Novsa tau, itu belom malem. Yaudah ganti aja istilahnya maksor (makan sore) atau makmag (makan maghrib). Usahakan setelah makan malam, kita masih melakukan aktivitas yang ringan-ringan aja, seperti nonton TV, baca buku, dll. Jangan langsung tidur.

Bahan Tambahan

Novsa kasih bonus satu lagi nih, yaitu pendukung suksesnya program diet kamu : air putih & cabe-cabean. Tubuh kita kan banyak persen-nya cairan ya, Novsa lupa angkanya berapa tapi kalo kamu penasaran tinggal pantengin TV tungguin iklan minuman isotonik. Air jelas penting bingits buat tubuh. Jangan sampai kurang ya gaes, minimal 8 gelas. Ingat, 8 gelas loh, bukan 8 galon. Trus, ada ritual mengenai air ini yang penting kamu tau : minumlah sebelum makan. Konon, biar kerasa agak lebih kenyang dikit gitu, jadi pas makan ngga ngamuk. Oiya, air di sini warnanya bening ya gaes (alias air putih), jangan yang item, coklat, kuning (ingat kurangi konsumsi gula)!

Yang kedua, cabe-cabean. Novsa bukan mau bahas yang suka boncengan bertiga pake hotpants dan ngga pake helm loh, bukan! Ya meskipun sama-sama hot sih. Konsumsi cabe atau sambel, lada alias merica, terutama pas makan malam bisa ngebantu tubuh bakar lemak saat tidur. Boleh dicoba gaes, apalagi pas hujan ahh bobonya jadi enak bener dah, anget.

Olahraga Untuk Diet
Olahraga Untuk Diet

2. Olahraga

Hayo, siapa yang males banget olahraga? Novsa ikutan angkat kedua tangan plus dua kaki deh, hehehe.. Waktu nanya Mbah Gugel tadi, ternyata banyak loh yang pake kata kunci “tanpa olahraga” di belakang kata-kata cara menurunkan berat badan. Tapi kalo Novsa bilang, olahraga dan pola makan itu satu paket kalo mau menurunkan berat badan yang bener dan sehat. Kalo kamu dari 70 kilo turun jadi 48 kilo, tubuh kamu yang dulu goyor-goyor ke sana kemari itu larinya kemana? Meskipun jadi kurus, ngga indah donk kalo kayak gitu. Nah, olahraga ini selain penting buat kesehatan juga ngebantu ngebentuk badan kamu. Bikin tubuh jadi kenceng.

Note, olahraga ini dilakukan setelah diet pola makan ya gaes. Kalo kamu masih kelebihan perutnya tiga lapis, takutnya cuman jadi padet aja gitu lapisannya, bukannya jadi ilang, hahahaha.. Olahraganya jangan langsung angkat besi 100 kilogram ya. Jalan kaki, lari kecil, senam, pokoknya pelan-pelan yang penting gerak.

3. Istirahat

Nah, kalo pola makan dan olahraga itu sepaket, maka ini pelengkap paketnya. Istirahat yang cukup akan meningkatkan kualitas hidup gaes, demi kehidupan umat yang lebih sehat. Tidur yang ideal adalah 8 jam sehari. Karena kalo kurang tidur, selain bisa mengganggu metabolisme juga bisa bikin tubuh kita nglepasin hormon ghrelin yang bisa bikin nafsu makan kita lebih besar.

Tidur Cukup Untuk Hidup Berkualitas
Tidur Cukup Untuk Hidup Berkualitas

4 Mindset

Yang terakhir, dan yang paling penting adalah mindset. Proses ini ngga cuma seminggu selesai, bisa sebulan atau berbulan-bulan. Yang pakai bantuan obat herbal aja butuh waktu, apalagi yang alami bin irit. Jadi, tanamkan di pikiran kamu untuk terus komitmen bin konsisten ngejalanin nomer 1 sampe 3. Satu lagi, ketahui batasan dirimu gaes. Kegiatan tiap orang beda-beda, pasti konsumsi energinya beda pula. Jangan memaksakan ngga makan seharian apalagi kalo kerjaannya narik becak. Bisa langsung wassalam ntar. Begitu pula porsi olahraga, yang ngga kuat lari jangan memaksakan lari. Jalan santai aja cukup, jaraknya aja yang ditambah, plus bawa laptop dua ya. Hehehehe becanda.

Buat kamu yang pengin nambah penghasilan dari bisnis online, yuk cobain kelas internet marketing gratis. Kepoin di sini ya. Atau kamu mau daftar Oriflame boleh cek di sini ya.

Novsa keponya ngintip dari sini, sini, sama sini nih.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *